Daun Pepaya Untuk Penambah ASI

Daun Pepaya Untuk Penambah ASI

Daun pepaya adalah sebuah daun dari tanaman sayuran yang memiliki pohon tunggal dan berbuah, buahnyapun sangat enak dan manis untu dimakan. Akan tetapi berbeda dengan buah pepaya yang rasanya manis, daun pepaya justru sebaliknya, rasanya pahit dan tidak enak untuk dimakan lansung.

Daun Pepaya Untuk Penambah ASI

Perlu anda ketahui ternyata dalam pahitnya daun pepaya, ternyata tertanam ini banyak sekali khasiat serta manfaat yang bisa kita ambil terutama untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang sering kita dengar yakni daun pepaya berfungsi sebagai obat penambah air susu ibu atau ASI untuk ibu menyusui.

Selain itu daun pepaya juga sangat enak bila di masak dengan rempah-rempah atau kebanyakan orang jawa mengunakan daunpepaya sebagai lalab teman makan sambel seperti daun singkong, pete, jengkol, dan mentimun. tapi menurut saya tetap aja pahit.

Daun Pepaya Untuk Penambah ASI

Selain dikenal dengan kepahitannya ternyata daun pepaya ini dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, diantaranya :

  • Batu Ginjal, caranya beberapa lembar daun pepaya dicuci bersih lalu direbus, kemudian air rebusan tersebut diminum dan diakhiri dengan meminum air kelapa muda (namun, bagi yang mengidap hipertensi tidak diperkenankan menggunakan metode ini).
  • Malagizi (gejala kekurangan gizi pada balita), caranya daun pepaya ditumbuk bersama daun dadap serep, dan kapur sirih kemudian dipergunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut si penderita.
    Sakit perut pada waktu haid, caranya 1 lembar daun pepaya ditumbuk bersama dengan buah asam dan garam lalu ditambahkan air masak, campuran tersebut kemudian diperas, disaring dan diminum pada saat haid.
  • Disentri, caranya 2 lembar daun pepaya direbus dalam 1 liter air bersama dengan 1 sendok teh bubuk kopi, lalu disaring dan diminum satu cangkir per hari.
  • Diare, caranya daun pepaya direbus bersama dengan minyak kelapa, lalu daun pepaya yang layu tersebut ditempelkan pada perut penderita.
  • Membasmi cacing perut, caranya daun pepaya direbus dalam 2 gelas air bersama dengan adas pulowaras sampai mendidih, lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap malam sebelum tidur.
  • Mengatasi keputihan, caranya 1 daun pepaya yang telah dicuci bersih direbus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari, kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap hari satu kali.
  • Mengatasi jerawat, caranya 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dijemur kemudian dihaluskan dan ditambahkan air kemudian sari daun pepaya tersebut dioleskan pada bagian yang berjerawat.
  • Mengatasi noda hitam di wajah, caranya daun pepaya dihaluskan dengan cara ditumbuk ataupun diblender dan ditambah air, kemudian air sari daun pepaya tersebut dicampurkan dengan masker dan dioleskan pada wajah, setelah 15 menit wajah dibasuh dengan air hangat sampai bersih.

Nah jadi jangan heran dan jangan lewatkan setiap masakan atau hidangan yang berdasarkan daun pepaya ini anda lewatkan, karena memiliki sejuta khasiat dan manfaat.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang manfaat Daun Pepaya Untuk Penambah ASI, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca juga :

www.diherbalinaja.com | Daun Pepaya Untuk Penambah ASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *