Obat Penyakit SLE (Systemic Lupus Erythematosus) Di Apotik

Obat Penyakit SLE (Systemic Lupus Erythematosus) Di Apotik

Lupus erythematosus adalah nama yang diberikan pada kumpulan penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh manusia menjadi hiperaktif dan menyerang jaringan sehat. Gejala penyakit ini dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh, termasuk sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung, dan paru-paru.

Obat Penyakit SLE (Systemic Lupus Erythematosus) Di Apotik

Gejala bervariasi dari orang ke orang, dan mungkin datang dan pergi. Hampir semua penderita lupus mengalami nyeri sendi dan bengkak. Beberapa menderita radang sendi. Sendi yang sering terkena adalah jari tangan, tangan, pergelangan tangan, dan lutut. Gejala umum lainnya termasuk :

  • Nyeri dada saat inspirasi.
  • nyeri sendi.
  • Tukak mulut.
  • kelelahan.
  • Demam tanpa sebab lain.
  • Ketidaknyamanan umum, ketidaknyamanan, atau perasaan sakit (malaise).
  • Rambut rontok.
  • Kepekaan terhadap sinar matahari.
  • Ruam kulit – ruam “kupu-kupu” di sekitar setengah orang dengan SLE.
  • Kelenjar getah bening bengkak.

Penyakit lupus ini  menyerang dan bisa berkembang di usia berapa pun, akan tetapi penyakit lupus ini paling sering menyerang diusia 15 sampai 44 tahun dengan hasil bervariasi. Biasanya, manifestasi penyakit ini cenderung lebih akut pada mereka yang berusia muda. Akan tetapi penyakit ini cendrung menyerang wanita dari pada laki-laki.

Pasien dengan onset remaja lupus pada khususnya, rentan terhadap manifestasi mukokutan penyakit (alopecia, ruam kulit, dan pembengkakan selaput lendir) lebih banyak daripada kelompok usia lainnya. Namun, pasien dengan onset terlambat penyakit lupus memiliki tingkat kematian jauh lebih tinggi.

Hampir 50% dari mereka yang menderita penyakit lupus terlambat meninggal akibat penderitaan mereka. Hal ini kemungkinan besar karena usia pasien dengan onset onset terlambat karena manifestasi penyakit mereka jauh lebih parah dibanding pasien yang lebih muda. Wanita yang memiliki usia subur juga sangat berisiko.

Penyebab

Secara alami sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari sumber infeksi misalnya dari ganguan, bakteri, atau virusyang masuk. Itulah tujuan tubuh memproduksi antibodi.

Tetapi sistem kekebalan tubuh penderita penyakit lupus eritematosus sistemik (SLE) akan berbalik menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat. Sehingga akan memparah keadaan. Inilah yang disebut dengan kondisi autoimun.

Penyebab kondisi ini pada penyakit lupus belum diketahui. Menurut sebagian besar pakar, penyakit SLE disebabkan oleh kombinasi dari beberapa penyebab. Diantaranya faktor genetika yang dapat mempertinggi risiko seseorang terkena lupus dan faktor lingkungan juga punya andil dalam memicu penyebab penyakit ini.

Obat Penyakit SLE (Systemic Lupus Erythematosus) Di Apotik

Pengobatan

Saat ini tidak ada bahkan belum ditemukan obat untuk SLE, namun ada beberapa obat berbeda yang dapat membantu meringankan banyak gejala dan mengurangi kemungkinan kerusakan organ. Obat-obatan ini meliputi:

  • Hydroxychloroquine – obat yang secara historis digunakan untuk mengobati malaria, namun juga dapat membantu mengobati beberapa gejala SLE.
  • Kortikosteroid – obat antiinflamasi.
  • Imunosupresan – sekelompok obat yang menekan sistem kekebalan tubuh anda.

Nah itulah beberapa Obat Penyakit SLE (Systemic Lupus Erythematosus) Di Apotik. Semoga bermanfaar dan tentunya menambah pengetahuan anda.

www.diherbalinaja.com | Obat Penyakit SLE (Systemic Lupus Erythematosus) Di Apotik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *