Obat Penyakit Antraks Di Apotik

Obat Penyakit Antraks Di Apotik

Penyakit antraks adalah penyakit yang sangat mematikan, karena memilik suatu bentuk pertahanan diri, sehingga menyebabkan bakteri ini sulit di eradikasi.

Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri yang bernama Bacillus anthracis, yaitu bakteri yang memiliki kemampuan membentuk endospora.

Penyakit antraks sekarang menjadi trending topik pembicaraan, karna selain menyerang manusia, penyaki ini juga menyerang terhadap hewan.

Gejala awal penyakit antraks pada manusia terjadi pada kulit yang tampak melepuh dan berisi cairan, di sekitarnya terlihat merah di kelilingi peradangan di tangan, lengan dan kepala.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Pembajun Setyaningastuti mengatakan penyakit antraks tidak dapat menular secara langsung terhadap manusia. “Melainkan dari ternak ke manusia (zoonosis) melalui bakteri Bacillus anthracis,” ucapnya, Sabtu, 21 Januari 2017.

Namun penyakit ini perlu di waspadai karena sangat berbahaya sekali terhadap kesehatan.

Untuk menghidari penyakit ini maka harus mengenali apa itu penyakit antraks. Penyakit antraks ini terbagi menjadi 4 jenis diantaranya :

  • Antraks kulit.
  • Antraks pada saluran pencernaan.
  • Antraks pada paru-paru.
  • Antraks meningitis.

Gejala penyakit antraks

Sementara itu gejala yang di timbulkan penyakit antraks awalnya masuk kedalam tubuh manusia melaui usus kecil, paru-paru dengan cara penghirupan, atau juga melalui kulit yang terdapat luka. biasanya gejala yang di rasakan akan muncul dalam waktu 12 jam  sampai 5 hari setelah anda terpapar oleh bakteri ini.

Mula-mula penyakit ini menyerang luka di kulit kemudian kulit menjadi merah dan kecoklatan dan akhirnya memiliki benjolan, benjolan tersebuh biasanya akan melepuh dan akan mengeras, setelah itu di bagian tengahnya pecah dan mengeluarkan cairan yang berwarna bening kemudian membentuk keropeng (kerak kotoran) yang berwarna hitam.

Diagnosis penyakit antraks

Biasanya dokter mendiagnosis penyakit ini dengan dilakukan beberapa tahap diantaranya sebagai berikut :

  • Tes darah
  • Tes kulit
  • Sampel tinja
  • Keran tulang belakang, yang merupakan prosedur yang menguji sejumlah kecil cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang
  • Sinar-X dada
  • Sebuah CT scan
  • Endoskopi, yaitu tes yang menggunakan tabung kecil dengan kamera terlampir untuk memeriksa kerongkongan atau usus

Jika dokter Anda mendeteksi antraks di tubuh Anda, hasil tes akan dikirim ke laboratorium departemen kesehatan masyarakat untuk mendapatkan konfirmasi.

Obat Penyakit Antraks Di Apotik

Semua jenis penyakit antraks tentu bisa di cegah dan bisa juga di obati, orang yang terserang penyakit antraks dapat di berikan obat antibiotik. Beikut adalah jenis obat-obatan yang terkait dengan penyakit antraks yang tersedia di apotik  di antaranya :

  • CORSATET CAPSULE 250 MG

Untuk pembelian jenis obat ini, biasanya harus menggunakan resep dari dokter, kalau beli langsung ke apotik tanpa resep atau rujukan dari dokter tentu tidak akan di layani.

Dosis :

Dewasa : 1 gram sehari dalam 4 dosis terbagi, dan infeksi berat : dinaikan sampai 6-8 dosis. Dan untuk anak berusia lebih dari 12 tahun : 20-40 mg/kg berat badan/hari dalam dosis terbagi.

  • CORSATROCIN TABLET 250 MG

Indikasi dari obat ini adalah infeksi saluran nafas, telinga, mulut, mata, kulit & jaringan lunak, saluran pencernaa. Pencegahan endokarditis bakterialis ( radang endo kardium jantung yang di sebabkan oleh bakteri.

Dosis :

Untuk dewasa : 1-2 gram/hari dalam dosis terbagi yang diberikan tiap 6,8 atau 12 jam sekali. Untuk anak-anak : 30-50mg/kg berat badan/hari dalam dosis terbagi yang di berikan tiap 6, 8, atau 12 jam sekali. Dan untuk bayi berusia 2 tahun atau kurang : 4 kali sehari 125 mg.

  • ENPICORTYN SALEP MATA

indikasidari obat ini adalah sebagai steroid untuk aplikasi pada mata tampak terinfeksi dan bisa juga digunakan untuk infelsi akut, bakteri yang tidak bisa di sembuhkan, virus & jamur, herves simpleks keratitis superficial akut, vaksin, varicela & virus penyebab penyakit pada konjungvita dan kornea infkesi tuberkulosa mata

Dosis :

Sebaiknya gunakan antara 3-4 kali dalam sehari.

  • ERYSANBE CAPLET 250 MG

Indikasi saluran nafas, infeksi kulit & jaringan lunak, pneumonia (radang parenkim paru), gonore, infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri yang rentan terhadap eritromisin.

Dosis :

Untuk Dewasa : 1-2 gram/hari dalam 4 dosis terbagi dan untuk anak-anak 30-50 mg/kg berat badan/hari dalam 4 dosis terbagi.

  • ERYSANBE CHEWABLE TABLET 200 MG

Indikasi infeksi saluran nafas, infeksi kulit & jaringan lunak, pneumonia (radang parenkim paru) gonore, infeksi lain yang di sebabkan oleh bakteri yang rentan terhadap Eritromisin.

Dosis :

Untuk Dewasa : 1-2 gram/hari dalam 4 dosis terbagi dan untuk anak-anak 30-50 mg/kg berat badan/hari dalam 4 dosis terbagi.

  • PHAROTHROCIN DRY SYRUP

Indikasi otitis media ( radang rongga gendang telinga ), infeksi saluran nafas, infeksi kulit, & luka yang terinfeksi.

Dosis :

Untuk anak-anak : 30-50 mg/5 ml X 60 ml.

  • SANCORTMYCIN SALEP KULIT

Indikasi infeksi akibat bakteri piogenik, mencegah infeksi sekunder pada luka.

Dosis :

Gunakan 2-4 kali sehari.

  • SANLIN CAPSUL 500 MG

Indikasi untuk saluran pernapasan, saliran pencernaan, saluran kemih & kelamin, kulit & jaringan lunak.

Dosis :

Untuk Dewasa & anak-anak dengan bearat badan lebih dari 40kg : 2-4 kali sehari 250-500 mg. semtara untuk anak berusia 6-15 tahun : 2-3 kali sehari 250 mg dan untuk anak berusia 1-5 tahun : 2-3 kali sehari 125 mg.

Demikian mengenai informasi yang biasa saya sampaikan tentang Obat Penyakit Antraks Di Apotik, semoga bermanfaat.

www.diherbalinaja.com | Obat Penyakit Antraks Di Apotik

2 thoughts on “Obat Penyakit Antraks Di Apotik

  1. Pingback: Obat Luka Gatal Berair Dan Bernanah Di Apotik | 100% Cepat Sembuh

  2. Pingback: Obat Penyakit Furunkulosis Di Apotik | 100% Terbukti Sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *