Obat Apotik Untuk Jerawat Dan Bekasnya

Obat Apotik Untuk Jerawat Dan Bekasnya

Berbicara tentang jerawat memang merupakan penyakit kulit yang umum terjadi pada masa remaja. Jerawat juga dikenal sebagai acne vulgaris, yaitu penyakit kulit jangka panjang.

Obat Apotik Untuk Jerawat Dan Bekasnya

Jerawat terjadi saat folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak dari kulit kemudian munculah komedo atau whiteheads, jerawat, kuli berminyak, dan bekas luka yang mungkin terjadi.

Tahukan anda bahwa tingkat keparahan jerawat atau vulgaris dapat di klarifikasikan sebagai penyakit sedang, ringan atau parah, karena ini menentukan rejimen pengobatan yang tepat.

Biasanya jerawat ringan secara klasik di identifikasikan oleh adanya folikel kulit tersumbat atau yang sering kita kenal dengan komedo pada bagian wajah dengan lesi inflamasi sesekali.

Kalau jerawat dengan tingkat keparahan sedang dikatakan terjadi saat jumlah paula dan pustula inflamasi lebih tinggi terjadi di wajah dibandingkan dengan kasus jerawat ringan dan jerawat ini ditemukan di batang tubuh.

Sementara itu jerawat parah dikatakan terjadi akibat nodul atau benjolan yang sangat menyakitkan yang terletak di bawah permukaan kulit, sehingga mencakup dari semua golongan jerawat termasuk keterlibatan jerawat khas batang tubuh yang luas.

Nodul atau kista sering di gunakan dalam litenatur medis untuk menggambarkan kasus jerawat peradangan yang parah. Sementara, kista bisa di katakan sebagai mereka yang berjerawat dan istilah jerawat nodular parah tentunya nama ini sering sebut dan di sukai oleh para medis.

Fakta-fakta tentang jerawat

  • Jerawat adalah penyakit kulit yang melibatkan kelenjar minyak di dasar folikel rambut.
  • Jerawat umumnya terjadi saat pubertas.
  • Jerawat tidak berbahaya, tapi bisa meninggalkan bekas luka kulit.
  • Jenis jerawat termasuk whiteheads, komedo, papula, pustula, nobules, kista.
  • Kira-kira tiga perempat dari 11 sampai 30 tahun akan mendapatkan jerawat pada suatu waktu.
  • Jerawat dapat mempengaruhi orang dari semua ras dan segala umur.
  • Para ahli percaya penyebab utamanya adalah kenaikan kadar androgen (hormon).
  • Kerentanan terhadap jerawat juga bisa bersifat genetik.
  • Pengobatan untuk jerawat mungkin tergantung pada seberapa parah dan persistennya.
  • Jerawat dapat dipengaruhi oleh siklus menstruasi, kegelisahan dan stres, iklim panas dan lembab, make up berbasis minyak, rambut berminyak dan perasan jerawat.

Penyebab terjadinya jerawat

Selama ini tidak ada yang benar-benar yakin apa yang menyebabkan jerawat. Akan tetapi para ahli percaya penyebab utamanya adalah kenaikan kadar androgen (androgen adalah sejenis hormon).

Kadar androgen naik saat manusia menjadi remaja. Kenaikan kadar androgen membuat kelenjar minyak di bawah kulit Anda tumbuh. Kelenjar yang membesar menghasilkan lebih banyak minyak Sebum berlebihan sehingga dapat memecah dinding seluler di pori-pori anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kerentanan terhadap jerawat juga bisa bersifat genetik. Karena dalam kandungan beberapa obat dapat mengandung androgen dan lithium dapat menyebabkan jerawat.

Seperti halnya kosmetik yang berminyak juga dapat menyebabkan jerawat pada beberapa orang yang tentunya rentan terkena jerawat.

Sementara itu hormon berubah selama kehamilan dapat menyebabkan jerawat baik untuk berkembang untuk pertama kalinya, atau untuk kambuh.

Obat Apotik Untuk Jerawat Dan Bekasnya

Obat Apotik Untuk Jerawat Dan BekasnyaKulit anda adalah temanmu sedangkan kulitmu rentan terserang penyakit atau jerawat, tentu hal ini dapat mengganggu atau bahkan sangat mengganggu aktivitas anda.

Ada kalanya anda harus melindungi kulit anda, dan ada kalanya anda harus memanjakan kulit anda. Semua itu tentunya perlu perawatan agar kulit anda tidak mengalami stres yang kemudian menimbulkan jerawat.

Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan dan sekaligus obat untuk jerawat dan penghilang bekas jerawat yang terdapat di apotik dan tentunya dapat mengatasi dan menyembuhkan jerawat anda dengan cepat.

Cara pengobatan jerawat

Obat-obatan hanya dapat membantu dan mengatur tingkat keparahan jerawat dan frekuensi wabah jerawat. Namun perawatan ini juga tergantung pada jenis jerawat yang akan anda obati. Berikut ini adalah cara pengobatan jerawat :

  • Cabut atau angkat kulit mati dan hentikan agar kulit tidak berminyak.
  • Membunuh bakteri dengan antibiotik.
  • Mengurangi jumlah minyak kulit dengan isotretinoin.
  • Mengurangi efek hormon dalam memproduksi jerawat dengan pil kontrasepsi oral tertentu untuk wanita.

Pilihan Obat

Obat Apotik Untuk Jerawat Dan Bekasnya tergantung pada jerawatnya sendiri, apakah disebabkan karena adanya peradangan atau disebabkan oleh bakteri.

Beberapa masalah jerawat hanya terdiri dari benjolan merah pada kulit tanpa ada luka yang terbuka. Krim topikal dan lotion merupakan pilihan cocok untuk jerawat jenis ini.

Akan tetapi bila jerawat yang terjadi akibat bakteri atau timbul pembengkakan serta ada luka terbuka, antibiotik oral atau isotretinoin bisa bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah obat jerawat yang terdapat di apotik 

Retinoic Acid

  • Apa itu Retinoic Acid :

Cream retinoic acid digunakan hanya pada malam hari, oleskan 1-2 jam sebelum tidur untuk memberikan waktu kepada kulit menyerap obat tersebut dan menghindari cream menempel pada bantal

  • Apa yang dilakukannya :

Retinoic Acid atau tretinoin merupakan turunan dari Vitamin A yang banyak digunakan untuk mengobati acne vulgaris (jerawat) dengan mengurangi komedo dan peradangan.

  • Efek samping :

Efek samping dari retinoic acid berupa eritema (kemerahan), peeling (kulit mengelupas), kulit kering, fotosensitivitas (peka terhadap cahaya matahari), perubahan warna kulit (hipopigmentasi/hiperpigmentasi), bengkak, dan alergi. Retionic acid dapat mengurangi produksi sebum (kelenjar minyak) pada kulit sehingga dapat membuat kulit dan bibir menjadi kering.

Asam Azelaic

  • Apa itu Asam Azelaic :

Asam azelat (Azelex) atau Azelaic acid memiliki aktivitas antibakteri, antiinflamasi, serta komedolitik.

  • Apa yang dilakukannya :

Asam azelat bermanfaat untuk acne yang ringan hingga sedang pada pasien yang tidak dapat mentoleransi benzoil peroksida. Selain itu, berguna pada hiperpigmentasi postinflamasi sebab memiliki aktivitas sebagai pencerahan kulit. Dosis 15-20% dimana tidak lebih dari 6 bulan pengobatan.

  • Efek samping :

Obat ini tidak membuat pemakainya sensitif terhadap sinar matahari. Beberapa efek samping penggunaan asam azelaic dapat menjadikan kulit kemerahan dan kering. Kadang-kadang kulit juga terasa gatal, panas, atau perih.

Benzoil peroksida

  • Apa itu Benzoil peroksida :

Benzoil peroksida tersedia dalam resep dan obat bebas, dalam bentuk krim, gel, dan cuci. Ini adalah agen anti-bakteri.

  • Apa yang dilakukannya :

Kegunaan obat ini untuk membunuh bakteri, mengurangi inflamasi, dan membantu membuka pori-pori kulit yang tertutup. Dosis umum pemakaian benzoyl peroxide adalah dengan dioleskan satu atau dua kali dalam satu hari selama beberapa minggu. Dosis bisa diubah sesuai dengan respons kulit dan jerawat terhadap obat.

  • Efek samping :

Reaksi kulit seseorang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Terdapat beberapa efek samping umum yang berpotensi terjadi, seperti:Kulit kering, Iritasi, Kulit mengelupas, Sensasi terbakar pada kulit, dan membuat kulit menjadi memerah

Clindamycin

  • Apa itu Clindamycin :

Clindamycin adalah antibiotik topikal yang biasanya datang dalam larutan, gel, busa, atau lotion, dan biasanya dioleskan dua kali sehari.

  • Apa yang dilakukannya :

Clindamycin adalah golongan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan, sendi dan tulang seperti osteomyelitis, darah, kulit, paru-paru, organ reproduksi wanita, serta infeksi pada organ-organ dalam lainnya.

  • Efek samping :

Sama seperti obat-obat lain, clindamycin juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang biasa terjadi setelah mengonsumsi antibiotik ini adalah : Iritasi tenggorokan, Ruam di kulit yang terasa gatal, serta Rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut.

Nah itulah beberapa dari Obat Apotik Untuk Jerawat Dan Bekasnya serta sedikit penjelasan mengenai obatnya, semoga bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahuan anda.

Baca juga : Obat Sembuhkan Masalah Jerawat Di Apotik


www.diherbalinaja.com
| Obat Apotik Untuk Jerawat Dan Bekasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *