Bahaya Menginjak Paku Berkarat

Bahaya Menginjak Paku Berkarat

Selalu perhatikan di sekeliling anda pada saat berjalan kaki terutama saat tidak memakai alas kaki. Bahaya tetanus akan slalu mengintai sriap gerak-gerik anda.

Pengertian tetanus

Tetanus merupakan penyakit infeksi akut yang sangat mematikan dan sering kali ditakuti orang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang memproduksi toksin (racun). Racun ini yang kemudian menghasilkan gangguan saraf yang ditandai dengan meningkatnya tegangan dan kekejangan otot.

Kata tetanus diambil dari bahasa Yunani yaitu tetanos dari teinein yang berarti menegang. Penyakit ini adalah penyakit infeksi di saat spasme otot tonik dan hiperrefleksia menyebabkan trismus (lockjaw), spasme otot umum, melengkungnya punggung (opistotonus), spasme glotal, kejang, dan paralisis pernapasan.

Virus tetanus hidup dan berkembang di dalam tanah dan secara mengejutkan tertempel pada paku yang berkarat. Keadaan ini tentunya sangat membahayakan apabila kita berjalan di suatu tempat  dan secatra tidak sengaja menginjak paku tersebut.

Meski di awal mula terkena paku hanya merasa nyeri biasa seolah tidak ada respon apapun dan kemudian anda mengatasinya dan melakukan perawatan di rumah seperti biasa, namun gejala tetanus akan muncul beberapa hari setelah terkena paku.

Bahaya Menginjak Paku Berkarat

Dalam dunia medis setiap dokter menyarankan untuk melakukan suntik vaksinasi yang disebut dengan DPT ( Difteri, Pertusis dan TETANUS ). Dengan melakukannya suntik vaksin tersebut ternyata sangat berperan penting untuk mencegah penyakit dan komplikasi dari tetanus.

Ketika kita menginjak paku berkarat kuman yang menempet di dalam paku akan berpindah kedalam kulit kita dan berkembang sangat cepat di dalam daging. Luka akibat paku meninggalkan bekas yang dalam namun seketika permukaan kulit akan tertutup.

Kejadian ini yang langsung di manfaatkan oleh kuman atau virus yang bernama clostridium tetani yang sangat senang dan suka menempati ruang hampa udara.

Pencegahan

Pencegahan lebih baik dengan dilakukannya vaksinasi karena dengan dilakukannya vaksinasi jauh lebih baik daripada mengobatinya. Terutama pada anak-anak, vaksin tetanus diberikan sebagai bagian dari vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus). Dewasa sebaiknya menerima booster.

Penting.!

Setiap luka (terutama luka tusukan yang dalam) harus dibersihkan secara seksama karena kotoran dan jaringan mati akan mempermudah pertumbuhan bakteri Clostridium tetani.

Nah deikianlah pemaparan tentang Bahaya Menginjak Paku Berkarat, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca juga : Obat Kaki Bengkak Kena Paku

www.diherbalinaja.com | Bahaya Menginjak Paku Berkarat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *